Jumat, 25 November 2011

About Raisa Andriana

Raisa Andriana kini  menjelma menjadi idola baru. Suara unik yang dipadu dengan wajah manis sukses mencuri hati kalangan penikmat musik. Kualitas vokalnya mendapat pujian dari penyanyi internasional Brian McKnight hingga saksofonis Kenny G.

Cukup sulit membuat janji interview dengan Raisa. Maklum, kini gadis kelahiran 6 Juni 1990 tersebut disibukkan jadwal panggung yang padat. Dalam sepekan dara berambut panjang itu tampil di empat hingga lima acara di berbagai kota. Bahkan, jadwalnya benar benar full November ini. Ada sekitar 23 event yang harus dia datangi. Padahal, Raisa masih menempuh kuliah marketing di Binus International Jakarta yang saat ini memasuki semester ketujuh.
Dia ditemui di acara launching K!rkos Restaurant & Bar, Surabaya, Jumat malam lalu (11/11). Siangnya dia masih berkutat dengan ujian di kampus. Lantas, dia buru-buru ke bandara untuk bertolak ke Surabaya. Meski demikian, dia sangat menikmati kesibukannya sekarang.

”Aku nyanyi dari kecil. Itu seperti keseharian. Aku di manamana nyanyi terus dan kepikiran, someday bakal jadi penyanyi. Jadi, ketika akhirnya hal tersebut terwujud, rasanya senang sekali. Nggak kebayang bahwa sambutannya sebesar ini dan ada banyak tawaran manggung,” ungkap Raisa. Menyanyi memang menjadi bagian penting dalam hidup Raisa.
Anak kedua di antara dua bersaudara pasangan Ria Mariaty dan Allan Rachman tersebut besar dengan mendengarkan serta mempelajari gaya bernyanyi para idolanya, seperti Brian McKnight, Alicia Keys, Mariah Carey, Whitney Houston, Joss Stone, India Arie, dan Stevie Wonder.
Dia memperoleh bakat menyanyi dari sang ibu yang juga gemar menyanyi. ”Bedanya, mama lebih ke klasik, lagu-lagu era mama, deh. Aku lebih ke R&B,” tuturnya. Raisa menyadari bahwa dirinya dianugerahi karakter suara unik, berwarna jazzy campur pop R&B. Namun, ketika kecil, dia lebih ”menyimpan” bakat itu untuk kesenangan sendiri. Dia juga jarang mengikuti kontes menyanyi. Baru pada 2006 dia membuat demo lagu.
Lantas, pada 2007 dia bertemu dengan Asta, gitaris RAN. Dia berdiskusi banyak tentang musik dengan Asta. Dia juga sering hangout dengan Handy dan Rio dari Soulvibe.

Pada 2009 Asta melontarkan pertanyaan yang mengusik Raisa. ”Lo serius pengin jadi penyanyi atau kayak gini-gini aja?” ujarnya menirukan pertanyaan Asta. Gadis berambut panjang tersebut menyatakan serius ingin menjadi penyanyi. Akhirnya, terciptalah lagu Serba Salah yang menjadi single pertama Raisa. Karena awalnya dirilis secara independen, klip Serba Salah di-upload ke YouTube. Dari situ, masyarakat luas mulai mengenal sosok Raisa.

”Impact paling besar memang ketika aku mem-upload Serba Salah ke YouTube. Video itu dilihat ratusan ribu orang,” terang gadis yang merilis album pertamanya, Self-titled, pada Mei 2011 tersebut. Album itu berisi sembilan lagu. Raisa turut menggarap tujuh lagu di antaranya bersama Asta, Handy, dan Rio yang menjadi produsernya. Karakter suaranya yang lembut dan unik plus penghayatan yang luar biasa dalam lagu-lagunya membuat album Raisa memikat banyak penikmat musik. Raisa juga gemar meng-upload video cover version (menyanyikan lagu orang lain).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar